Pola Makan Ibu Hamil Dengan Diabetes

Pola Makan Ibu Hamil Dengan Diabetes

Pola Makan Ibu Hamil Dengan Diabetes,- Ibu hamil yang memiliki kadar gula darah tinggi, maka akan sangat berisiko terkena diabetes, apalagi pada bayi yang dikandungnya.

Pola Makan Ibu Hamil Dengan Diabetes

Diabetes dengan kadar kadar gula darahnya yang tinggi, ternyata dapat menyerang seorang ibu hamil, hal ini dikarenakan jalannya insulin untuk mengendalikan kadar gula darah terhalang oleh plasenta, sehingga ibu hamil yang tidak bisa mengatur pola makannya akan mengalami kenaikan gula darah dan akhirnya terkena diabetes. Hal semacam ini jelas sangat berbahaya, terlebih lagi berisiko pada bayi yang dikandungnya, ada kemungkinan mengalami gangguan pada saat kelahiran bayi tersebut.

Untuk itu, anda harus mencari cara menurunkan gula darah tinggi pada ibu hamil yang mengalami kenaikan kadar gula darah. Bayi yang terlahir dari seorang ibu yang pada saat masa kehamilannya mengalami kenaikan gula darah, biasanya bayi tersebut akan mengalami obesitas atau kelebihan berat badan dan tentunya terkena diabetes.

Sebelum proses kelahiran dimulai, ada baiknya para ibu hamil dengan kadar gula darah tinggi bisa mengatur pola makan ibu hamil dengan diabetes ini, karena dengan mengatur pola makan yang benar, maka kadar gula darah bisa dijaga tetap stabil. Cara pola makan ibu hamil dengan diabetes ini diantaranya adalah :

Mengurangi asupan karbohidrat

Karbohidrat merupakan makanan yang dapat membuat kadar gula darah menjadi naik tinggi, maka untuk ibu hamil sebaiknya mengurangi asupan karbohidrat. Untuk asupan energi yang cukup, sebaiknya ganti karbohidrat anda dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung serat, karena serat sangat baik untuk penderita kadar gula darah tinggi.

Mengkonsumsi makanan sehat

Mungkin nasi yang menjadi makanan pokok menjadi tidak sehat bagi ibu hamil dengan diabetes yang dimilikinya, oleh karena itu, ganti lah nasi dengan alternatif lain yang mengandung karbohidrat kompleks, misalnya saja beras merah. Mengkonsumsi makanan sehat sangat penting untuk ibu hamil, karena makanan sehat mampu memberikan nutrisi untuk ibu hamil dan bayi yang dikandungnya, tapi sebaiknya ibu hamil harus menghindari makanan manis yang bisa menaikkan kadar gula darah.

Waktu makan teratur

Makan sesuai jadwal teratur dan dilakukan secara rutin sangat mempengaruhi kadar gula darah, maka anda harus bisa mengatur waktu makan anda, karena waktu makan yang teratur merupakan pola makan yang baik dan benar. Jangan sampai anda melewatkan sarapan, dan yang penting makan tepat waktu jika sudah waktunya makan.

Diet kehamilan

Sebenarnya diet untuk seorang ibu hamil bisa berbahaya apabila diet nya tidak dilakukan dengan benar, maka ada yang namanya diet kehamilan. Diet selama kehamilan sangat penting untuk mengendalikan kadar gula darah, tapi makanan yang anda konsumsi harus terpenuhi asupan vitamin dan nutrisi nya selama menjalani diet kehamilan.

Olahraga

Lakukanlah olahraga ringan yang cocok dengan ibu hamil, olahraga secara rutin dengan waktu yang teratur akan membuat kadar gula darah tetap stabil, hal ini dikarenakan olahraga akan membantu sistem metabolisme glukosa terbantu.

Itulah beberapa cara pola makan ibu hamil dengan diabetes. Sebenarnya dengan melakukan pola makan dan kegiatan diatas bisa dilakukan untuk semua ibu hamil, hanya saja akan sangat efektif apabila dilakukan pada ibu hamil dengan diabetes yang dideritanya.

Obat Radang Lambung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.